Widget HTML Atas

Featured Post

Cara Membuat Windows dengan Rufus



Cara Membuat Windows dengan Rufus


Dalam melakukan Instalasi Windows atau Sistem Operasi lainya, pada walanya kita sering melakukannya dengan CD atau DVD. tapi sekarang penggunaannya sudah banyak ditinggalkan orang, karena  untuk laptop keluaran terbaru ataupun PC tablet biasanya tidak adanya CD room.

Sekarang banyak orang yang berpindah ke flashdisk dalam melakukan Instalasi ulang sistem operasi pada PC maupun laptop. Selain itu alasan orang lebih banyak menggunakan flashdisk dari pada CD/ DVD  untuk melakukan proses instal ulang adalah dari sisi fleksibilitas, karena dengan menggunakan flashdisk kita juga dapat menyimpan file instalasinya untuk berjaga-jaga jika suatu saat diperlukan kembali.

Ditambah lagi, kepingan CD / DVD jika digunakan berulang – ulang akan mengalami kerusakan seperti munculnya goresan – goresan pada permukaan CD / DVD . Hal ini biasanya mengakibatkan proses instal ulang menjadi gagal di tengah-tengah proses instal ulang.

Dalam hal ini untuk menjadikan flashdisk anda  agar bisa digunakan untuk media instal ulang sistem operasi, Anda harus mengubah media tersebut  menjadi bootable. Bagi kamu yang belum tahu tentang apa itu bootable, Bootable adalah fasilitas atau layanan yang ada pada setiap sistem operasi.

Fasilitas ini diletakkan pada media penyimpanan seperti CD, flashdisk, memori. Seperti yang kamu ketahui ada banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuat flashdisk menjadi bootable, salah satunya yaitu Rufus. dan Pada kesempatan ini akan saya jelaskan bagaimana cara menggunakan aplikasi Rufus untuk membuat flashdisk menjadi bootable.

Banyak orang yang sangat menyukai aplikasi ini. Karena berbagai fitur menarik tersebut, aplikasi rufus juga mampu bekerja dua kali lebih cepat jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis lainnya. Rufus juga mendukung beberapa bahasa, selain bahasa Inggris, Rufus versi terbaru telah mendukung banyak bahasa termasuk  bahasa Indonesa. Hal ini tentunya sangat membatu bagi Andayang baru menggunakan aplikasi ini.

Terdapat pula fitur low-level utility yang bisa digunakan untuk melakukan format yang tidak beresiko terhadap media penyimpanan. Rufus bisa digunakan di berbagai sistem operasi seperti Windows 7, 8, 8.1 dan juga Windows 10 dengan arsitektur 32 bit atau 64 bit.

Rufus adalah aplikasi yang menjadi pilihan utama ketika hendak membuat bootable. Selain karena free atau gratis, cara menggunakan Rufus juga sangatlah mudah. Software Rufus ini bisa digunakan untuk membuat bootable Windows, Linux, Ubuntu, Fedora, dan lain sebagainya.
Rufus tersedia dalam installer maupun portable. Bagi yang memilih installer, maka Anda harus menginstallnya terlebih dahulu. Namun bagi yang memilih portable, Anda bisa langsung membukanya.

Untuk menggunakan Rufus, silahkan ikuti langkah berikut ini:
  1. Pertama, silahkan Anda unduh Rufus terlebih dahulu. dengan cara buka Google Chrome dan cari rufus 
  2. Setelah itu, buka aplikasinya. Jangan lupa masukkan flashdisk yang akan digunakan.
  3. Jika flashdisk sudah terdeteksi, maka akan muncul namanya di bagian Device. Klik Select dan pilih file ISO yang akan dijadikan bootable.
  4. Silahkan Anda sesuaikan pengaturannya seperti ini saja. Pada bagian Skema partisi, sesuaikan dengan tipe partisi Anda (GPT atau MBR). Untuk Sistem target, nanti akan menyesuaikan secara otomatis.
  5. Setelah Anda klik Start, nanti akan muncul jendela konfirmasi untuk format flashdisk, silahkan klik Ok. Tunggu sampai proses selesai, cepat lambatnya tergantung ukuran file ISO.

No comments for "Cara Membuat Windows dengan Rufus"