Widget HTML Atas

Featured Post

Pemutihan Denda PKB Diperpanjang Sampai 23 Desember 2020

Pemutihan Denda PKB Diperpanjang Sampai 23 Desember 2020

ACEH UTARA NEWS , BANDA ACEH - Pemerintah Aceh memperpanjang pemutihan denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang sudah berakhir sejak Kamis (15/10/2020). Perpanjangan pemutihan denda PKB tersebut berlaku hingga 23 Desember 2020 mendatang.

Hal itu berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 24 tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Gubernur Aceh Nomor 11 tahun 2020. Demikian disampaikan Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani, SIK, MH, dalam keterangan tertulis yang diterima Serambi, Jumat (16/10/2020).

"Seharusnya memang terhitung Kamis (15/10/2020), keringanan bea balik nama kendaraan bermotor dan penghapusan denda PKB sudah berakhir," kata Dirlantas Polda Aceh itu.

Namun, setelah melihat situasi serta antusiasme masyarakat cukup tinggi dalam menggunakan pelat BL (Aceh), karena memang tidak dikenakan biaya, lalu mempertimbangkan kondisi ekonomi masyarakat yang belum begitu pulih akibat pandemi Covid 19 yang masih terjadi sampai saat ini, maka perpanjangan pemutihan PKB dan bea balik nama kendaraan bermotor diperpanjang sampai 23 Desember 2020.

"Merujuk kepada Peraturan Gubernur Nomor 24 tahun 2020 itu, kami dari Direktorat Lalu Lintas Polda Aceh dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aceh (BPKA), Bustami Hamzah, mengumumkan bagi masyarakat Aceh bahwa perpanjangan pemutihan PKB dan bea balik nama kendaraan bermotor diperpanjang sampai 23 Desember 2020," ungkap mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) ini.

Dirlantas Polda Aceh, menerangkan untuk menguatkan perpanjangan keringanan bea balik nama dan pajak PKB itu yang ditetapkan sampai 23 Desember 2020 itu, maka keluarlah Pergub Aceh Nomor 24 Tahun 2020 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Gubernur Aceh Nomor 11 tahun 2020.

Menurut Dirlantas Kombes Dicky, sejak diberikan keringan tanpa biaya bea balik nama selama 6 bulan, ada penambahan jumlah kendaraan bermotor di Aceh dari pelat Non BL ke BL. Jumlahnya itu mencapai 5.149 kendaraan bermotor. "Tentu kondisi ini akan menguntungkan rakyat Aceh,  karena pajak kendaraan bermotor di tahun 2021 akan bertambah," sebutnya.

Menurut Kombes Dicky, pajak kendaraan bermotor salah satu penyumbang terbesar pendapatan di Aceh. Pastinya hasil pajak kendaraan bermotor tersebut akan digunakan untuk membangun Aceh. "Mulai senin depan, masyarakat Aceh akan menikmati kembali keringanan bea balik nama dan denda pajak kendaraan bermotor. Silahkan yang masih menggunakan non-BL  bisa segera memutasikan kendaraan ke BL. Karena dengan menggunakan BL, kita ikut berpartisipasi untuk membangun Aceh,"  terang Dirlntas Polda Aceh ini.

Ia pun mempersilakan masyarakat yang masih menggunakan pelat non-BL  bisa segera mutasikan kendaraan ke BL. Karena dengan menggunakan BL, maka seluruh masyarakat di Aceh ikut berpartisipasi dalam membangun Aceh, terang Kombes Dicky. "Tanyoe ureung Aceh beu cinta ngon BL (Kita orang Aceh harus cinta terhadap BL)," tulis Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky, dalam Bahasa Aceh.(mir)

Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul Pemutihan Denda PKB Diperpanjang, https://aceh.tribunnews.com/2020/10/17/pemutihan-denda-pkb-diperpanjang.

Editor: bakri

Sumber : https://aceh.tribunnews.com


No comments for "Pemutihan Denda PKB Diperpanjang Sampai 23 Desember 2020"