Widget HTML Atas

Featured Post

MAHASISWA KKN 076 DAN 009 UNIMAL, MENGAJARKAN BERCOCOK TANAM DI USIA DINI MENGGUNAKAN BOTOL BEKAS


MAHASISWA KKN 076 DAN 009 UNIMAL, MENGAJARKAN BERCOCOK TANAM DI USIA DINI MENGGUNAKAN BOTOL BEKAS
Mahasiswa Unimal/AcehUtaraNewsFOTO/win

ACEH UTARA NEWSLhokseumawe – Pada kondisi seperti saat ini, banyak sekali aktifitas yang terhambat salah satunya adalah sekolah melalui media online atau daring. Pada kesempatan ini, kelompok 076 di bawah bimbingan Dosen Dr. Dahlan Abdullah, S.T., M.KOM. dan kelompok 009 berkerjasama mengajak santriwan dan santri wati Balai Pengajian Bustanul Mustafa, Dusun Haji Nafi, Desa Mns. Mesjid Cunda untuk belajar bercocok tanam dalam menanam beberapa bibit sayur seperti sawi, terung, pepaya, bayam, seledri, dan kangkung.

Kedua kelompok tersebut sekaligus melakukan aksi menyelamatkan bumi dengan memanfaatkan sampah yang tidak dapat terurai seperti botol air mineral yang tidak terpakai lagi sebagai media tanam yang akan digunakan nanti.”botol bekas tersebut disulap menjadi media tanam yang diberikan tanah kompos untuk penyemaian dan tumbuh kembangnya bibit sayuran nantinya” pungkas Raski selaku ketua kelompok 076.  Acara yang dilaksanakan ini tetap mengkuti protokol kesehatan, dimana sebelum acara dimulai, anak-anak diberikan masker untuk dipakai yang hal pembagian masker langsung dibagikan oleh kelompok 009 yang diketuai oleh Adriyan Jondra yang dibimbing  oleh Dosen Ar Razi, S.T., M.Cs.

Rahmat Rizky selaku ketua panitia dalam penyelenggaraan acara ini mengatakan anak-anak yang berhadir pada hari itu dikelompokkan menjadi 4 kelompok masing-masing kelompok memiliki 10 anggota yang dipandu oleh kakak kakak mahasiswa gabungan kedua kelompok tersebut, dan yang ikut aksi belajar bercocok tanam kali ini hanya yang dari kelas 3 SD sampai dengan kelas 2 SMA, sedangkan anak-anak yang dibawah kelas 3 SD diarahkan ke ruang baca untuk membaca buku tentang sejarah agama islam yang telah disediakan oleh Balai Bustanul Mustafa ini dan mereka juga di pandu Oleh Eka dan Chairunnisa dari kelompok 009.

Selain itu Rahmat juga mengatakan bahwa sebelum praktek tanam menanam berlangsung, anak-anak diberikan sedikit ilmu bagaimana proses tumbuh dan berkembangnya bibit setelah di semai dan bagaimana cara memanfaatkan botol bekas sebagai media tanam yang langsung di berikan materi nya oleh mahasiswa pertanian dari jurusan agroekoteknologi yaitu Saudara Raski Lamkaruna

Kelompok 076 terdiri dari Raski Lamkaruna, Rahmat Rizky, Desi Arisandi Zahara Rambe, Rahmatika Nadirah, Rini Permata, Muhammad Adrian Roja dan Muhammad Rizky sedangkan kelompok 009 terdiri dari Adriyan Jondra, Chairunnisa, Eka Sri Astuti, Deifa Nurfiqih, Feni Lestari Berutu dan M. Ikhwanul Adha telah bekerjasama dengan baik sehingga dapat membuat santriwan dan santriwati sangat senang dalam belajar bercocok tanam bersama mereka.

Editor : Win

No comments for "MAHASISWA KKN 076 DAN 009 UNIMAL, MENGAJARKAN BERCOCOK TANAM DI USIA DINI MENGGUNAKAN BOTOL BEKAS "