Widget HTML Atas

Featured Post

Terbaru, Ini Penjelasan Menko Perekonomian Tentang Gelombang 11 Kartu Prakerja


Menko Perekonomian Tentang Gelombang 11 Kartu Prakerja
ACEH UTARA NEWS - Pendaftaran pelatihan kartu prakerja gelombang 10 telah berakhir, tetapi kapan pendaftaran kartu prakerja gelombang 11 dibuka? Simak pemaparan berikut. Sebelumnya pendaftaran kartu prakerja gelombang 10 telah diklaim menjadi pendaftaran terakhir untuk tahun 2020. Namun, masyarakat masih mengharapkan dibukanya kembali program ini mengingat terdapat sisa kuota dan anggaran dari para penerima yang dicabut kepesertaan kartu prakerjanya.

Berdasarkan Permenko No. 11 Tahun 2020, setiap penerima kartu prakerja memiliki waktu 30 hari untuk membeli pelatihan pertama sejak ditetapkan sebagai penerima. Jika tidak membeli pelatihan pertama dalam kurun waktu 30 hari sejak ditetapkan, penerima yang bersangkutan gagal mendapat manfaat Kartu Prakerja dan anggaran untuk itu akan ditarik.

Akibat dari pencabutan Kartu Prakerja ini tentu ada sisa kuota dan anggaran yang dikembalikan ke kas negara dan dana tersebut direncanakan akan direlokasikan untuk peserta lain. Namun, perihal kapan dan berapa dana yang direlokasikan bergantung pada keputusan dari Komite Cipta Kerja atau KCK yang berwenang mengurusi hal ini.

Dalam sebuah video conference pada Rabu (14/10) lalu, Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja Rudy Salahuddin menyatakan pihaknya siap jika diminta untuk membuka gelombang 11. Rudy juga menambahkan bahwa kemungkinan sebelum akhir bulan Oktober pembukaan gelombang 11 akan diselenggarakan,  Di sisi lain, 31 Oktober kemarin menjadi hari terakhir pendaftaran pelatihan pertama bagi penerima Kartu Prakerja gelombang 10.

Baca Juga:  NIK KTP Tidak Ada di eform BRI, Begini Cara Dapat BLT Banpres UMKM Rp2,4 Juta

Belum diketahui jumlah total penerima Kartu Prakerja dari gelombang 1 sampai 10 yang dicabut kepesertaannya akibat tak membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari. Dalam konferensi pers secara daring di Gedung graha BNPB Selasa (27/10) lalu, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan tengah mengusahakan penambahan kuota program Kartu Prakerja.

“Kami sedang berbicara dengan Kementerian Keuangan untuk ada penambahan anggaran kartu prakerja, karena ternyata demandnya masih rendah,” ucap Airlangga.

Dia juga mengatakan bahwa pendaftar program Kartu Prakerja hampir mendekati angka 38 juta orang dengan besaran anggaran hanya untuk 5,6 juta orang. Hal ini berkaitan dengan persyaratan yang harus dipenuhi yaitu berkewarganegaraan Indonesia, sudah berusia di atas 18 tahun, dan tidak sedang sekolah atau kuliah.***

Sumber : Prakerja.go.id

Dikutip dari : semarangku.pikiran-rakyat.com

No comments for "Terbaru, Ini Penjelasan Menko Perekonomian Tentang Gelombang 11 Kartu Prakerja"