Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

TERBARU.! Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12 di www.prakerja.go.id, Dibuka 2021, Ini Syaratnya

TERBARU.! Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12 di www.prakerja.go.id, Dibuka 2021, Ini Syaratnya


ACEH UTARA NEWS - Berikut panduan cara daftar Kartu Prakerja gelombang 12 di laman www.prakerja.go.id yang akan dibuka pada tahun 2021, simak persyaratan berikut sebelum melakukan pendaftaran.

Cara daftar Kartu Prakerja gelombang 12 dilakukan melalui laman www.prakerja.go.id dengan mengikuti langkah-langkah yang diperlukan hingga pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 berhasil.

Pemerintah kembali membuka pendaftaran Kartu Prakerja di tahun 2021 mendatang sehingga para peserta perlu menyiapkan sejumlah persyaratan agar bisa mendaftar di gelombang 12 di tahun depan.

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Purbasari sempat memberitahukan bahwa program Kartu Prakerja akan dibuka kembali pada tahun 2021.

“Jadi Kartu Prakerja akan dilanjutkan di 2021 sehingga bagi para sobat Prakerja yang telah memasukkan data dan yang nantinya belum lolos sebagai penerima tahun ini jangan berkecil hati karena bisa mengikuti batch selanjutnya, batch 1 di tahun 2021,” kata Denni pada 3 November lalu.

Berdasarkan Permenko No. 11 Tahun 2020, setiap penerima kartu prakerja memiliki waktu 30 hari untuk membeli pelatihan pertama sejak ditetapkan sebagai penerima.

Jika tidak membeli pelatihan pertama dalam kurun waktu 30 hari sejak ditetapkan, penerima yang bersangkutan gagal mendapat manfaat Kartu Prakerja dan anggaran untuk itu akan ditarik.

Sebelum mendaftar kartu prakerja, ada bebarapa persyaratan yang harus dipenuhi antara lain berkewarganegaraan Indonesia, sudah berusia di atas 18 tahun, dan tidak sedang sekolah atau kuliah.

Adapun persiapan yang perlu dilakukan yaitu tersedianya beberapa dokumen antara lain kartu keluarga, kartu tanda penduduk, nomor ponsel yang aktif, dan alat tulis.

Persiapan tersebut berkaitan dengan langkah pendaftaran yang harus ditempuh. Berikut langkah-langkahnya:

  • Membuka web prakerja pada browser smartphone atau PC Anda.
  • Memasukkan data diri yang tertera pada kartu tanda penduduk dan kartu keluarga.
  • Ikuti petunjuk yang terdapat di layar hingga proses pemeriksaan akun selesai.
  • Ambillah alat tulis yang sudah dipersiapkan karena tahap berikutnya yaitu tahap tes motivasi dan kemampuan dasar secara online.
  • Klik tombol ‘gabung’ pada gelombang yang tersedia atau yang sedang dibuka.
  • Tunggu pengumuman lolos seleksi melalui pemberitahuan SMS.

Manfaat program Kartu Prakerja di tahun 2020 sebesar Rp 3.550.000 terdiri dari bantuan pelatihan sebesar Rp 1.000.000, insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600.00 per bulan selama 4 bulan, dan survey kebekerjaan sebesar Rp 150.000 per survey untuk tiga kali survey.***

Sumber: Semarangku.com