Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bagi Guru Honorer Berikut Syarat PPPK 2021, Ayo Persiapkan Diri

Bagi Guru Honorer Berikut Syarat PPPK 2021, Ayo Persiapkan Diri
ACEH UTARA NEWS - Kabar baik untuk para guru honorer dan yang belum bekerja. Tahun 2021 Pemerintah memastikan akan melakukan perekrutan Pegawai dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Untuk itu, dikutip dari instagram @ditjen.gtk.kemdikbud, persiapan perektutan tersus dilakukan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Menjawab kebutuhan guru dan memberi kepastian status guru honorer, pemerintah pusat berencana menggelar seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bagi para guru honorer di tahun 2021 mendatang.

Adapun rencana jadwal seleksi PPPK adalah

- Database Kualifikasi Guru dan Data Kebutuhan Guru Daerah ditargetkan selesai pada Desember 2020,

- Regulasi Pendukung – kualifikasi Pendidikan pada Januari 2021,

- Materi Pembelajaran pada Februari 2021, hingga Pengumuman Seleksi dan Ujian Seleksi.

Disejumlah media sosial beredar persyaratan perekrutan PPPK. Namun kebenaran persyaratan tersebut belum pasti.

Baca Juga: Syarat Penerimaan Guru PPPK 2021, Seleksi Daring hingga Gaji Rp 4 Juta, Simak Penjelasanya.

Namun dikutip dari website resmi kemendikbud, untuk mekanisme seleksi PPPK, individu yang mendapat hak mendaftar seleksi PPPK tahun 2021 yakni

1. Guru Honorer yang terdaftar di Dapodik baik mengajar di sekolah negeri maupun swasta;

2. Individu yang memiliki sertifikat pendidik;

3. Guru Honorer K2 yang pernah terdaftar di Dapodik ataupun Database BKN.

4. Untuk Batasan usia pendaftar yakni maksimal berumur 59 tahun (per 1 April 2020)

Hingga saat ini belum ada pernyatana resmi terkait soal yang akan diujikan nanti.

Namun belajar dari perekrutan PPPK 2019, soal yang PPPK terdiri dari soal kompetensi manajerial 530 soal, kompetensi sosio kultural 130 soal, uji kompetensi teknis 520 soal, dan wawancara tertulis 130 soal.

Sebelumnya Mendikbud Nadiem Makarim menjelaskan rekrutmen PPPK ini diberi hak istimewa. Jika sebelumnya setiap pendaftar hanya diberikan kesempatan satu kali ujian seleksi per tahun, sekarang setiap pendaftar dapat mengikuti ujian seleksi sampai tiga kali.

“Jika gagal pada kesempatan pertama, dapat belajar dan mengulang ujian hingga dua kali lagi di tahun yang sama atau tahun berikutnya,” jelas Mendikbud.

Baca Juga: Bocoran Materi Tes Guru PPPK 2021, Tidak ada SKD

Sehubungan dengan persiapan ujian seleksi, Mendikbud menyampaikan materi belajar daring dapat diperoleh semua peserta untuk membantu mempersiapkan diri buat ujian.

“Akan ada materi untuk guru honorer agar dapat mempersiapkan diri sebelum ujian. Standar ujian seleksi ini akan ditentukan dengan sangat matang untuk memastikan kualitas mutu pembelajaran anak-anak kita terus terjaga,” kata Mendikbud.

Nah, untuk alur pendaftarannya para guru bisa mengaksesnya di laman https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ atau melalui Dinas Pendidikan Wilayah.

Sementara itu terkait gaji dan tunjangan, terbitnya Perpres Nomor 98 Tahun 2020 tentang Gaji dan Tunjangan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) membuka peluang bagi honorer K2 dan non-K2 untuk menjadi aparatur sipil negara (ASN), termasuk dari segi gaji, tunjangan serta jenjang karir.

"PPPK itu setara PNS. Yang membedakan hanya pensiun. PNS mendapatkan pensiun karena sejak awal mereka sudah mengiur," kata Plt Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Teguh Widjinarko.***

Sumber : PortalSulut