Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Banyak Belum Tahu, Hand Sanitizer Bisa Bahaya Jika Terlalu Sering Dipakai, Ini Efek Sampingnya

Banyak Belum Tahu, Hand Sanitizer Bisa Bahaya Jika Terlalu Sering Dipakai, Ini Efek Sampingnya


Acehutaranews– Hand sanitizer menjadi peranti wajib saat pandemi Covid-19 seperti saat ini. Banyak yang menggunakan hand sanitizer untuk pengganti cuci tangan dengan sabun. Tapi hati-hati, penggunaan hand sanitizer yang terlalu sering bisa berbahaya. Sebab, hand sanitizer terbuat dari alkohol berkadar tinggi yang dicampur dengan bahan kimia lain.

Penggunaan alkohol sebagai bahan dasar pembuatan hand sanitizer memang dipercaya efektif membunuh kuman. Tapi apakah yang dibunuh hanya kuman saja? Dilansir dari PMJ News, dari sebuah penelitian di India, terlalu sering menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan, menyimpan efek samping.

Selain membunuh kuman-kuman jahat, hand sanitizer juga merusak komunitas bakteri sehat yang ada di dalam manusia. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, pembersih tangan dengan bahan antibakteri dapat berkontribusi pada perkembangan bakteri yang kebal antibiotik.

Efek samping dari penggunaan hand sanitizer yang paling mudah dirasakan atau dilihat adalah kulit tangan menjadi kering. Hal ini disebabkan karena kadar alkohol di dalam hand sanitizer justru menghilangkan kelembaban kulit.

Selain itu, jika hand sanitizer tidak sengaja tertelan, akan berisiko mengalami keracunan alkohol. Tapi jika hanya tidak sengaja teroles di bibir, tidak ada masalah. Jadi untuk mencegah munculnya mikroba kecil yang berbahaya, dapat merusak bakteri baik dan kulit kering, mencuci tangan dengan air lebih baik daripada terlalu banyak pakai hand sanitizer. ***

Sumber : PMJ News

dikutip dari Semarangku.com