Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Apakah Guru PPPK Bisa Mengikuti Seleksi CPNS? Berikut Jawaban Kemdikbud

Apakah Guru PPPK Bisa Mengikuti Seleksi CPNS? Berikut Jawaban Kemdikbud

Aceh Utara News - Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) ditargetkan pemerintah akan dibuka pada awal tahun 2021. Pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) membuka seleksi PPPK untuk guru honorer agar kesejahteraannya terjamin.

Namun beredar pertanyan publik mengenai setelah lolos PPPK apakah bisa mendaftar CPNS, hal ini mendapat tanggapan dari kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemdikbud). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga telah merilis sejumlah ketentuan terkait seleksi PPPK 2021.

Lantas, apakah guru PPPK masih bisa mengikuti seleksi CPNS?

Dalam dokumen berjudul Diskusi dengan Pemerintah Daerah Mengenai Seleksi Guru PPPK Tahun 2021 terdapat penjelasan mengenai pengajuan formasi, pendafaran, ujian seleksi, penempatan dan pemberkasan.

Salah satunya adalah membahas mengenai pertanyaan tersebut. Menurut Kemendikbud, guru PPPK tetap bisa mendaftar sebagai CPNS jika dibuka formasi guru. Guru PPPK yang ingin mendaftar dalam seleksi CPNS harus memenuhi persyaratan sesuai ketentuan peraturan perundangan. Salah satunya umur harus di bawah 35 tahun.

Selain itu, untuk diangkat menjadi PNS, tidak boleh berstatus sebagai PPPK. Sehingga harus mengajukan pengunduran diri. 

Pendaftaran untuk menjadi guru PPPK terbuka untuk:

a. Guru honorer THK-2 sesuai database THK-2 di Badan Kepegawaian Negara.

b. Guru honorer yang terdaftar dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) per 30 Juni 2020 (tidak harus memiliki NUPTK).

c. Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang saat ini tidak mengajar sebagai guru.***

Sumber : Fix Indonesia