Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Begini Cara Cek Bantuan PIP untuk Anak Sekolah dari Rp450 Ribu hingga Rp1 Juta

Begini Cara Cek Bantuan PIP untuk Anak Sekolah dari Rp450 Ribu hingga Rp1 Juta

Acehutaranews - Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali menyalurkan bantuan sosial selama setahun mulai dari Rp450 ribu hingga Rp1 juta per anak melalui Program Indonesia Pintar (PIP).

Nantinya, Diharapkan melalui bantuan ini keluarga penerima manfaat dapat memiliki akses pendidikan yang lebih baik. BLT bagi para pelajar tersebut disalurkan dalam kurun waktu satu tahun dengan empat kali masa pencairan di mulai Januari, April, Juli dan Oktober.

BLT bisa diambil di Bank BUMN yang telah ditunjuk pemerintah di antaranya BRI, Mandiri, BNI dan BTN.

Adapun, cara pengecekan BLT anak sekolah sebagai berikut:

1. Buka web https://pip.kemdikbud.go.id

2. Masukan NISN, Hari dan tanggal, serta nama ibu kandung benar.

3. Pastikan bahwa data yang diisi benar.

Setelah itu, Apabila nama anak anda belum terdaftar maka akan kembali menayangkan halaman untuk Memasukan NISN, Tanggal dan Nama ibu kandung.

Adapun berikut syarat yang harus dipenuhi sebelum mendapatkan dana PKH berupa bantuan langsung tunai (BLT) dari pemerintah tersebut, yakni:

1. Pelajar dan orang tua murid harus memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP).

2. Penerima KIP harus terdaftar di lembaga pendidikan formal (SD/SMP/SMA/SMK) dan non formal (PKBM/SKB/LKP) di daerah masing-masing.

3. Penerima KIP juga harus terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) lembaga pendidikan.

4. Bagi keluarga yang tidak memiliki KIP tetap berhak mendapatkan BLT dengan melakukan pendaftaran dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ke lembaga dinas pendidikan terdekat.

5. Bagi siswa yang tidak punya KKS tidak perlu khawatir. Orangtua siswa bisa meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW hingga kelurahan masing-masing sebagai syarat mendaftarkan ke dinas pendidikan.

BLT pendidikan ini diberikan atas kerja sama antara Kementerian Sosial (Kemensos), Kementerian Pendidikan dan Kementerian Agama.***

Sumber: PIP Kemdikbud

dikutip dari : FIX Indonesia.com