Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Belum Punya Kartu Keluarga Sejahtera? Ikuti Cara Ini untuk Cairkan BPNT Rp200 Ribu

Belum Punya Kartu Keluarga Sejahtera? Ikuti Cara Ini untuk Cairkan BPNT Rp200 Ribu
Acehutaranews - Kementerian Sosial (Kemensos) kembali memberikan BLT dengan nama program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Rp200 ribu. Jika Anda belum memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) berikut cara mendapatkannya.

Progam BPNT ini merupakan program baru yang menggantikan progam lama yaitu Progam Kartu Sembako.Rencananya BPNT nantinya akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan selama satu tahun dimulai pada bulan Januari hingga Desember 2021.

Menteri Sosial Tri Rismahari menjelaskan akan menyiapkan anggaran sekitar Rp42,5 triliun dalam program BPNT ini. “Penerima program sembako tahun 2021 adalah 18,8 juta penerima, dan akan diberikan Rp200.000 per bulan. Itu akan diberikan mulai Januari sampai dengan Desember 2021,” kata Risma.

Baca Juga : TERBARU.!! Ingin Dapatkan Bantuan PKH Modal Dari Pemerintah 3,5 Juta, Berikut Syarat dan Jenis Usahanya

Masyarakat yang ingin mendapatkan BNPT Rp200 ribu perlu dipastikan terlebih dahulu apakah sudah terdaftar sebagai peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Data Terpadu Keluarga Sosial (DTKS) dan memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Jika Anda belum terdaftar, maka perlu mendaftarkan terlebih dahulu sebagai peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan membuat Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Berikut cara mendaftar dan membuat Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) untuk mencairkan dana bantuan BPNT Rp200 ribu:

1. Lakukan pendaftaran peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ke aparat pemerintah daerah setempat seperti RT/RW atau ke Kantor Kelurahan/Desa. Perlu diingat tidak ada pendaftaran secara online.

2. Setelah melakukan pendaftaran, nantinya akan mendapat surat pemberitahuan berisi teknis pendaftaran lanjutan di tempat yang telah ditentukan.

3. Setelahnya, Anda membawa data pelengkap seperti KTP, NIK, Kartu Keluarga (KK), dan Kode Unik Keluarga dalam Data Terpadu.

4. Data yang telah dilengkapi, kemudian akan diproses oleh Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA), kantor kelurahan, dan kantor Walikota/Kabupaten.

5. Setelah berhasil diverifikasi, nantinya akan dibuatkan rekening bank, dan akan diberikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Pencairan BNPT Rp200 ribu nantinya langsung dikirim ke rekening masing-masing pemilik KKS melalui bank antara lain BRI, BNI, dan BTN.

Akan tetapi, ada juga bantuan BNPT Rp200 ribu disalurkan lewat PT Pos Indonesia, hal ini disesuaikan dengan data yang ada pada Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). ***

Sumber : Kemensos

dikutip dari Fix Indonesia