Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat SKCK Secara Online, Cek Syarat dan Ketentuannya di Sini


Cara Membuat SKCK Secara Online, Cek Syarat dan Ketentuannya di Sini


Acehutaranews
- Cara membuat SKCK secara online untuk persyaratan melamar kerja, pendaftaran CPNS 2021 dan lainnya berikut langkah-langkahnya. Bagi masyarakat yang ingin membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK untuk seleksi CPNS atau melamar kerja bisa dilakukan secara online melalui situs Polri (polri.go.id).

SKCK merupakan singkatan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang resmi diterbitkan oleh Polri.

Dilansir dari situs polri.go.id, fungsi SKCK adalah surat berupa Intelkam kepada seorang pemohon/warga masyarakat untuk menerangkan tentang ada ataupun tidak adanya catatan suatu individu atau seseorang yang bersangkutan dalam kegiatan kriminalitas atau kejahatan.

Surat SKCK ini memiliki masa berlaku SKCK hingga 6 (enam) bulan sejak tanggal diterbitkan. Apabila telah melewati masa berlaku dan sangat diperlukan, maka SKCK dapat diperpanjang.

Biaya pembuatan SKCK adalah Rp.10.000 (sepuluh ribu rupiah) yang dapat disetorkan kepada petugas Polri di tempat. Jika ingin memperoleh SKCK, masyarakat harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan.

Masyarakat dapat mengajukan permohonan untuk memperoleh SKCK dengan cara mendatangi langsung di loket pelayanan SKCK di setiap kantor polisi dengan membawa dokumen yang dipersyaratkan, serta mengisi formulir yang telah disiapkan oleh petugas.

Tak hanya itu, kini masyarakat juga bisa mendaftar secara online dengan cara mengunggah dokumen yang dipersyaratkan serta mengisi form yang tersedia sesuai urutan.

Pemohon dapat mengakses situs resi SKCK Online Polri yaitu skck.polri.go.id. adapun syarat dan ketentuan pembuatan SKCK adalah sebagai berikut:

  1. Syarat Warga Negara Indonesia (WNI):
  2. Fotokopi KTP dengan menunjukan KTP asli.
  3. Fotokopi Paspor.
  4. Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  5. Fotokopi Akte Lahir / Kenal Lahir / Ijazah.
  6. Fotokopi kartu identitas lain bagi yang belum memenuhi syarat untuk mendapatkan KTP.
  7. Pas foto berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak 6 (enam) lembar dengan latar belakang merah.

Khusus untuk pas foto ada aturannya yakni berpakaian sopan, tampak muka, dan bagi pemohon yang mengenakan jilbab, harus menampilkan muka secara utuh.

  1. Syarat bagi Warga Negara Asing (WNA):
  2. Surat permohonan dari sponsor, perusahaan, atau lembaga yang mempekerjakan, menggunakan, atau yang bertanggung jawab pada WNA.
  3. Fotokopi KTP dan Surat Nikah apabila sponsor dari Suami/Istri Warga Negara Indonesia (WNI).
  4. Fotokopi Paspor.
  5. Fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP).
  6. Fotokopi IMTA dari KEMENAKER RI
  7. Fotokopi Surat Tanda Melapor (STM) dari Kepolisian.
  8. Pas foto berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak 6 (enam) lembar dengan latar belakang berwarna kuning, berpakaian sopan, tampak muka, dan bagi pemohon yang mengenakan jilbab, pasfoto harus tampak muka secara utuh.

Selanjutnya, pemohon dapat mengisi formulir pendaftaran yang dibutuhkan dengan menekan tombol FORM. PENDAFTARAN pada bagian atas kanan laman SKCK Polri pada link berikut ini: skck.polri.go.id.***

Sumber : Fix Indonesia