Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ini Cara yang Tepat, Cek Bansos Sembako Rp200 Ribu Bukan Masukkan No KTP


Ini Cara yang Tepat, Cek Bansos Sembako Rp200 Ribu Bukan Masukkan No KTP

Acehutaranews – Cek bansos sembako Rp200 ribu bukan dengan memasukkan nomor KTP, melainkan data-data berikut ini. Simak cara yang tepat dalam penjelasan berikut.

Untuk cek bansos sembako Rp200 ribu bukan dengan memasukkan nomor KTP seperti pengecekan bantuan lainnya, melainkan dengan memasukkan data-data yang diminta di laman dtks.kemensos.go.id.

Bansos sembako Rp200 ribu disalurkan pemerintah sejak 4 Januari lalu dan cara cek bantuan ini bisa melalui laman dtks.kemensos.go.id melalui PC atau smartphone.

Tetapi, untuk mengetahui penerima bansos sembako Rp200 ribu, bukan dengan memasukkan nomor KTP melainkan data-data seperti lokasi kabupaten, kecamatan, dan sebagainya.

Kuota Penerima Bansos Sembako Rp200 Ribu

Pemerintah melalui APBN 2021 telah menyiapkan total anggaran sebesar Rp 110 triliun untuk tiga jenis bantuan sosial atau bansos yaitu PKH, Program Sembako, dan Bantuan Sosial Tunai atau BST.

Progam sembako diberikan Rp 200 ribu per keluarga per bulan dengan target penerima sebanyak 18,8 juta penerima dan total anggaran Rp 42,5 triliun.

Pencairan bantuan bisa dilakukan melalui bank himpunan negara yang terdiri dari bank BRI, BNI, BTN, dan Mandiri sepanjang tahun 2021.

Mensos Risma mencontohkan kartu sembako dapat digunakan untuk berbelanja di e-Warong setempat atau tempat-tempat penjualan makanan untuk bahan pokok karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan sumber vitamin serta mineral.

Presiden juga menegaskan kepada semua pihak yang terkait dalam penyaluran bahwa bantuan yang diterima oleh penerima nilainya utuh tanpa ada potongan atau pungutan.

Cara Cek Bansos Sembako Rp200 Ribu

Sama halnya dengan program bantuan sosial dari Kemensos yang lainnya, masyarakat dapat mengakses DTKS untuk mengetahui apakah mendapat bantuan ini atau tidak, berikut caranya.

  1. Buka laman DTKS dengan klik link dtks.kemensos.go.id
  2. Klik bagian Daftar Ruta DTKS yang berada di pojok kanan atas halaman tersebut
  3. Masukkan data-data nama provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa
  4. Masukkan kode captcha yang muncul
  5. Klik ‘Cari Rumah Tangga’
  6. Cari nama kepala rumah tangga yang ada di antara data yang muncul

Sebagai informasi, kepala rumah tangga tidak selalu terdaftar sebagai penerima bantuan. Tetapi, penerima bantuan bisa berasal dari satu di antara anggota keluarga di rumah tangga tersebut.***

Sumber : Semarangku.com