Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Karyawan yang Belum Dapat BLT BPJS Ketenagakerjaan, Segera Buat Aduan di Sini

Karyawan yang Belum Dapat BLT BPJS Ketenagakerjaan, Segera Buat Aduan di Sini

Acehutaranews - Guna meringankan beban ekonomi masyarakat terdampak pandemi Covid-19, pemerintah Republik Indonesia (RI) telah menyalurkan berbagai macam bantuan, baik itu Bantuan Sosial Tunai (BST), Bansos non tunai dan Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Seperti halnya, BLT BPJS Ketenagakerjaan yang telah disalurkan oleh pemerintah secara bertahap kepada karyawan atau pekerja diberbagai daerah di Indonesia. BLT BPJS Ketenagakerjaan berupa bantuan subsidi gaji atau upah (BSU) kepada karyawan atau pekerja disalurkan melalaui dua tahap pembayaran.

Sebagaimana yang diberitakan FixIndonesia.Pikiran-Rakyat.Com dalam artikel berjudul Perhatikan! Cara Buat Aduan BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 yang Belum Cair, Cukup Klik Link Ini pada tahap pertama BSU telah disalurkan kepada 12.265.437 karyawan atau pekerja dengan total anggaran mencapai Rp14.718.524.400.000 (98,8 persen).

Sementara, untuk tahap kedua telah disalurkan kepada 12.248.195 karyawan atau pekerja dengan anggaran sebesar Rp14.697.834.000.000 (98,74 persen).

Dikutip dari Kemnaker menyebutkan, ada sekitar 294.160 karyawan atau pekerja yang belum mendapatkan BLT BPJS Ketenagakerjaan berupa BSU. Namun, guna mendapatkan hasil yang riil, saat ini data tersebut masih dalam tahap rekonsiliasi dengan bank Himbar sebagai lembaga keuangan yang ditunjuk sebagai penyalur.

Dalam hal ini, Plt Dirjen PHI dan Jamso Tri Retno Isnaningsih menyebut, bahwa Kemnaker akan berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan, agar BLT BPJS Ketenagakerjaan berupa BSU dapat disalurkan kepada Karyawan atau pekerja yang belum mendapatkannya.

Adapun, cara yang mesti dilakukan oleh karyawan atau pekerja yang belum mendapatkan BLT BPJS Ketenagakerjaan berupa BSU dapat dilakukan secara online, yakni dengan mengakses link bantuan.kemnaker.go.id kemudian ikuti cara sebagai berikut :

1. Pilih Menu Pengaduan, klik Buat Pengaduan, lalu login dengan akun masing-masing. Namun, jika belum memiliki akun, diharapkan mendaftar terlebih dahulu dengan klik Daftar Sekarang.

2. Kemudian, isi data anda, seperti NIK, nama orang tua, email, nomor telepon seluler, dan buat password, kemudian klik kembali Daftar Sekarang.

3. Tunggu sebentar, karena sistem akan mengirimkan kode OTP via SMS ke nomor telepon seluler yang anda daftarkan tadi. 

4. Kemudian, lakukan aktivasi akun dengan cara masuk kembali ke link bantuan.kemnaker.go.id dan klik Masuk di pojok kanan atas.

5. Usai anda masuk ke akun yang telah dibuat, silahkan isi formulir yang tersedia dengan lengkap.

6. Setelah formulir anda isi secara lengkap, maka akan muncul status pemberitahuan di dashboard, apakah anda masuk dalam daftar penerima BSU yang diusulkan dari BPJS Ketenagakerjaan ke Kemnaker atau tidak.

Selain cara yang disebutkan diatas, pengaduan juga dapat dilakukan melalui SMS dengan format SMS sebagai berikut :

Ketik: DAFTAR (spasi) SALDO#Nomor KTP#Nama#Tanggal Lahir#Nomor Peserta#Email (jika ada), kemudian kirim SMS ke 2757. (Pengisian tanggal lahir gunakan format dd-mm-yy.

Pengaduan juga bisa dilakukan lewat WhatsApp melalui nomor WhatsApp 08119303305, atau nomor telepon (021) 508 16000.

Demikianlah informasi tentang cara pengaduan ini disampaikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.***

Sumber : Warta Pontianak