Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Simak Caranya disini , Jika ingin Dapat BLT KIP Kuliah dari Kemendikbud

Simak Caranya disini , Jika ingin Dapat BLT KIP Kuliah dari Kemendikbud


Acehutaranews- Pemerintah Republik Indonesia (RI) terus menerus menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST), Bansos non tunai, dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat diberbagai daerah di Indonesia. Beraneka ragam BST, Bansos non tunai dan BLT tersebut diberikan guna membantu perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Kali ini di tahun 2021, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberi kesempatan kepada para mahasiswa di perguruan tinggi untuk mendapatkan BLT Kartu Indonesia Pintar (KIP) guna membiayai kuliah para mahasiswa. 

Dilansir dalam laman resmi kip-kuliah.kemdikbud.go.id pada Rabu 13 Januari 2021 beberapa waktu lalu, Nadiem menjelaskan program ini menjadi prioritas pemerintah untuk membantu mahasiswa/mahasiswi perguruan tinggi diseluruh Indonesia.

"Di tahun 2021 apa saja program prioritas yang akan kita lakukan, yang pertama adalah BLT KIP Kuliah, dilanjutkan," terang Nadiem seperti dikutip dari laman kip-kuliah.kemendikbud.go.id.

Nadiem pun berharap, dengan BLT KIP kuliah, agar mampu mendorong kegiatan perkuliahaan terutama menunjang kebutuhan mahasiswa/mahasiswi.

Baca Juga : Ibu Hamil dan Balita dapat Ajukan Dokumen Ini ke RT-RW, Sebagai Syarat Dapat BLT PKH

BLT KIP Kuliah sendiri, mematok target 1,095 juta mahasiswa/mahasiswi, dan ini lebih banyak jika dibandingkan dengan kuota tahun lalu.

Adapun, syarat dan ketentuan agar bisa mendaftar dalam BLT KIP Kuliah 2021 adalah sebagai berikut :

  1. Penerima BLT KIP Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 tahun sebelumnya.
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.
  3. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, serta dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.
  4. Keterbatasan ekonomi dibuktikan dengan kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk KIP atau berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH), keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) serta mahasiswa atau mahasiswi dari panti sosial/panti asuhan.
  5. Mahasiswa belum memiliki KIP atau orang tua/wali belum memiliki KKS, maka dapat mendaftar mendapatkan KIP Kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan.

Sementara mengenai alur pendaftaran KIP Kuliah diperkirakan tidak akan jauh beda dengan tahun lalu, adapun alurnya bisa di simak melalui cara berikut ini :

  1. Para siswa login kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau bisa atau bisa juga menggunakan KIP Kuliah mobile apps.
  2. Input NIK, NISN, NPSN dan alamat email
  3. Validasi NISN dan NPSN ke dapodik Kemendikbud, Kemudian validasi NIK dan bantuan sosial (DTKS) Kementerian Sosial.
  4. Jika NISN, NPSN dan KIP valid maka siswa akan mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses.
  5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah.
  6. Mendaftar dan mengikuti seleksi PT sesuai jalur masuk (SNMPTN/SBMPTN/SNMPN/SBMPN/Mandiri) pada Panitia Nasional masuk PT.
  7. Sudah diterima di Perguruan Tinggi lakukan verifikasi jika diperlukan.

Bagi para siswa wajib dan orang tua wajib mengetahui kebijakan Mendikbud Nadiem mengenai prioritas Merdeka Belajar 2021 salah satunya BLT KIP Kuliah 2021 yang diperpanjang dan juga alur pendaftarannya.

Sumber: Kemendikbud

dikutip dari Warta Pontianak