Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Simak! Ini Alur Pendaftaran Bansos PKH dari Kemensos Tahun 2021, Berikut Golongan Penerima

Simak! Ini Alur Pendaftaran Bansos PKH dari Kemensos Tahun 2021, Berikut Golongan Penerima


Acehutaranews – Alur Pendaftaran Bansos PKH dari Kemensos Tahun 2021 mulai dari Rp900 Ribu hingga Rp3 Juta, Berikut Golongan yang bisa terima Bantuan. Bantuan pemerintah Indonesia mengalir sama rata kepada seluruh masyarakat di Indonesia. Bahkan setiap kalangan masyarakat pun berhak mendapatkan Bantuan Sosial (Bansos). Bansos yang bisa diterima masyarakat yaitu BLT Program Keluarga Harapan (PKH).

Bantuan ini resmi dipublikasikan atau diserahkan kepada masyarakat oleh Presiden RI Joko Widodo, pada jumpa pers di Istana Merdeka, Senin 4 Januari 2021. Lewat Kementerian Sosial (Kemesos) BLT PKH akan menyalurkan dana mulai dari Rp 900 ribu hingga Rp 3 juta tergantung masing-masing golongan.

Kemensos Menganggarkan dana sebesar Rp28,7 triliun untuk 10 juta masyarakat yang termasuk program Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Namun tidak seperti BST atau BPNT yang disalurkan tiap bulan per Januari 2021, BLT PKH hanya disalurkan empat kali mulai dari Januari, April, juli, Oktober 2021.

Menteri Sosial Tri Rismaharini berharap dengan adanya Bansos BLT PKH mampu membantu kebutuhan masyarakat. Selain itu Bansos juga harus digunakan dengan bijak, seperti digunakan untuk kepentingan kebutuhan bahan dapur, modal usaha, bahkan lebih baik untum disimpan atau ditabung.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan Bansos PHK tahun 2021, berikut adalah golongan penerima bantuan dan besaran dana bantuan:

  1. Ibu hamil mendapatkan bansos PKH sebesar Rp3 juta per tahun.
  2. Anak usia dini mendapatkan bansos PKH sebesar Rp3 juta per tahun.
  3. Penyandang disabilitas mendapatkan bansos PKH sebesar Rp2,4 juta per tahun.
  4. Lanjut usia (lansia) atau yang sudah berusia 70 tahun ke atas mendapatkan bansos PKH sebesar Rp2,4 juta per tahun.
  5. Pelajar SD mendapatkan bansos PKH sebesar Rp900 ribu per tahun.
  6. Pelajar SMP mendapatkan bansos PKH sebesar Rp1,5 juta per tahun.
  7. Pelajar SMA mendapatkan bansos PKH sebesar Rp2 juta per tahun

Dan jika Anda atau anggota keluarga Anda masuk golongan penerima Bansos PHK tahun 2021 namun belum mendaftarkan diri, berikut cara atau alur pendaftaran Bansos PHK tahun 2021:


  1. Warga (keluarga miskin) mendaftarkan diri ke desa/kelurahan setempat dengan membawa KTP dan KK.
  2. Pendaftaran ini akan dibahas di musyawarah di tingkat desa/kelurahan   untuk menentukan kelayakan warga masuk ke dalam DTKS berdasarkan identifikasi awal (pre-list) maupun usulan baru.
  3. Musyawarah desa/musyarwah kelurahan (musdes/muskel) akan menghasilkan   berita acara yang ditandangani oleh kepala desa/lurah dan perangkat desa lainnya, untuk kemudian menjadi pre-list
  4. Pre-List akhir ini digunakan oleh dinas sosial untuk melakukan verifikasi dan validasi data dengan instrumen lengkap DTKS, melalui kunjungan rumah tangga.
  5. Data yang telah diverifikasi dan divalidasi kemudian dicatatkan di dalam aplikasi sistem informasi kesejahteraan sosial (SIKS) offline oleh operator desa/kecamatan, untuk kemudian diekspor berupa file extention
  6. File tersebut kemudian dikirim ke dinas sosial untuk dilakukan impor data ke dalam aplikasi SIKS online.
  7. Hasil verifikasi dan validasi ini dilaporkan kepada bupati/wali kota.
  8. Bupati/wali kota menyampaikan hasil verifikasi dan validasi data yang telah disahkan kepada gubernur untuk diteruskan kepada menteri.
  9. Penyampaian dilakukan dengan cara mengimpor data hasil verifikasi validasi tadi ke SIKS-NG dan mengunggah surat pengesahan bupati/wali kota serta berita acara musdes/muskel.
  10. Data penerima PKH dapat dilihat di laman https://dtks. kemensos.go.id/ dengan cara memasukkan NIK penerima manfaat.
Sumber : Fix Indonesia