Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Simak! Tahapan Seleksi CPNS 2021 dan Poin Penilaiannya Agar Bisa Lulus

Simak! Tahapan Seleksi CPNS 2021 dan Poin Penilaiannya Agar Bisa Lulus


Acehutaranews– Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan, pendaftaran seleksi CPNS 2021 akan dibuka mulai dari April hinggga Mei 2021.

Menurut Menteri PANRB Tjahjo Kumolo, akan ada sebanyak 113.172 posisi untuk instansi pusat dan sebanyak 439.170 posisi untuk instansi pemerintah daerah.

Untuk seleksi CPNS 2021, para pelamar masih akan dihadapkan dengan tiga tahapan seleksi, yaitu seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar, dan seleksi kompetensi bidang.

Silakan simak penjelasan seputar ketiga tahapan seleksi CPNS 2021 di sini.

Tahapan Seleksi CPNS 2021

1. Seleksi Administrasi

a. Seluruh pelamar CPNS 2021 diwajibkan melakukan pendaftaran online di sscn.bkn.go.id untuk mendapatkan Kartu Pendaftaran.

b. Seluruh pelamar CPNS 2021 diwajibkan untuk mengunggah seluruh dokumen pendaftaran.

c. Pihak panitia seleksi CPNS 2021 akan melakukan verifikasi dokumen. Berkas yang tidak lengkap atau salah akan otomatis gugur atau gagal.

Baca Juga: Ini Jadwal Lengkap SIM Keliling Kota Bekasi Bulan Februari 2021, Syarat, Lokasi dan Biaya

2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

a. Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2021 akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

b. Adapun materi tes yang akan diujikan dalam CAT untuk seluruh pelamar CPNS 2021 meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

a. Para pelamar CPNS 2021 akan dihadapkan dengan empat tes untuk bagian Seleksi Kompetensi Bidang yaitu Tes Substantif Bidang, Psikotes, Wawancara, dan Tes Keterampilan (bersifat khusus untuk jabatan tertentu).

Adapun masing-masing tahapan seleksi tersebut memiliki poin penilaian tersendiri untuk setiap pelamar yang mengikuti seleksi CPNS 2021.

Dalam tahapan Seleksi Administrasi, tiap pelamar yang mengikuti seleksi CPNS 2021 akan ditentukan nasibnya apakah bisa lanjut ke tahapan seleksi berikutnya atau tidak.

Kesalahan unggah berkas atau tidak lengkap akan menyebabkan pelamar langsung gagal dalam seleksi CPNS 2021.

Sementara, untuk Seleksi Kompetensi Dasar, setiap pelamar yang mengikuti seleksi CPNS 2021 dituntut untuk lulus dengan total nilai tertinggi dan nilai di atas ambang batas untuk setiap materi tes yang diujikan.

Akumulasi nilai akhir yang didapat dari Seleksi Kompetensi Dasar akan berbobot 40% untuk menentukan kelulusan pelamar dalam seleksi CPNS 2021.

Terakhir, ada Seleksi Kompetensi Bidang yang akumulasi nilai keseluruhannya akan menyumbangkan sebanyak 60% untuk menentukan kelulusan pelamar dalam seleksi CPNS 2021.

Nantinya, pengumuman kelulusan CPNS 2021 akan diumumkan di website atau laman masing-masing dari kementerian/instansi yang dilamar.

Itulah penjelasan dari tahapan seleksi CPNS 2021 serta poin penilaian yang harus diperhatikan agar bisa lulus seleksi CPNS dengan mudah.***

Sumber : Fix Indonesia