Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Terharu, Tukang Becak Ini Akhirnya Dapat Bantuan Pemerintah Setelah Pak RT diganti

Terharu, Tukang Becak Ini Akhirnya Dapat Bantuan Pemerintah Setelah Pak RT diganti


Acehutaranews - Seorang tukang becak bernama Sukadi mendapatkan Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos senilai Rp 600.000. Pria berusia 72 tahun tersebut merasa senang mendapatkan bantuan dari pemerintah. Menurutnya, BST itu baru didapatkannya berkat bantuan dari pihak RT. "Kalau Pak RT-nya enggak ganti, ya saya mungkin enggak dapat bantuan. 

Sejak ganti Pak RT, kemudian diusahakan dan diusulkan, dibantu, ya Alhamdulillah," ucap Sukadi saat ditemui Kompas.com di Kelurahan Kauman, Blora, Selasa (27/7/2021). Baca juga: Bahagianya Tukang Becak Dapat BST Rp 600.000: Biasanya Enggak Pernah Sementara itu, Ketua RT 01 RW 03 Kelurahan Kauman, Sardjono mengatakan Sukadi mendapatkan BST Kemensos karena adanya kuota dari pemerintah pusat. "Kami diminta untuk menunjukkan siapa yang berhak mendapatkan BST," ujar Sardjono saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon. 

Menurutnya, ada seleksi yang harus dilakukan untuk mendapatkan BST tersebut. Akan tetapi, dirinya tidak mengetahui secara pasti seleksi yang dilakukan oleh pemerintah pusat. "Jadi diseleksi lagi, ada bantuan dari pusat mungkin, jadi setiap RT dapat tambahan, kemarin dapat tambahan 3 orang," katanya. Menurutnya, ketiga orang yang mendapatkan BST memang sepatutnya layak diberikan bantuan tersebut. "Kayak Mbak Iin itu untuk modal usaha mungkin, yang Mbak Sri Lestari itu juga jualan di kantin SMP 1. Kalau Pak Sukadi kan (tukang) becak itu," terangnya.

Menurutnya, ketiga orang tersebut termasuk Sukadi merupakan warga yang memang belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah. "Memang kemarin itu yang belum pernah dapat bantuan, (RT) disuruh mengajukan warganya, kan hampir warga saya itu semuanya sudah dapat bantuan pemerintah," jelasnya. 

Di sisi lain, Lurah Kauman, Ukie Marthin Ardhana mengatakan pihaknya tidak ikut campur tangan terkait usulan nama-nama penerima BST Kemensos tersebut. "BST Kemensos ini name by name-nya sudah ada, jadi kami tidak ada pengusulan BST Kemensos ini," jelasnya. Dirinya mengatakan bantuan tersebut memang diberikan kepada warganya yang sangat membutuhkan. "Ya kami melihat ini sudah tepat sasaran dalam arti memang yang dapat ini juga benar-benar warga yang membutuhkan," ujarnya. Dapatkan informasi, 

Pihaknya juga berterima kasih kepada pemerintah yang telah menyalurkan banyak bantuan bagi warga yang terdampak pandemi Covid-19 tersebut. "Kami berterima kasih kepada pemerintah atas bantuan yang diberikan kepada warga, karena saat ini apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini memang semua serba sulit secara ekonomi, sehingga bantuan ini memang sangat dibutuhkan sekali adanya," ucap Ukie.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Setelah Puluhan Tahun, Tukang Becak Ini Akhirnya Dapat Bantuan Pemerintah, Ini Kata RT dan Lurah",.

Penulis : Kontributor Blora, Aria Rusta Yuli Pradana

Editor : Khairina